ROCK IN SOLO 2013, dihelat pada Sabtu dan Minggu, 2 & 3 November 2013 di Lapangan Kota Barat, Surakarta. Salah satu agenda rutin Kota Solo. Sebanyak 24 band ambil bagian dalam event yang pada tahun ini digelar untuk ketujuh kalinya.
Bagi sebagian masyarakat Solo yang kurang mengikuti dinamika urban dan budaya kota ini, perhelatan ROCK IN SOLO mungkin tidak terlalu mereka gubris meski banyak billboard, banner dan poster tentang penyelenggaraan ROCK IN SOLO 2013 sudah tersebar di berbagai penjuru kota berhari-hari sebelum acara diadakan. 

     Tapi jangan tanyakan hal itu kepada para metalhead. Bagi mereka, ROCK IN SOLO adalah sebuah peristiwa besar yang setiap tahun selalu ditunggu kabar terbarunya. Banyak di antara mereka yang berasal dari luar Kota Solo dan sudah berada di Kota Bengawan satu atau dua hari sebelum acara berlangsung. 

     Festival metal terbesar di asia tenggara kembali akan digelar tahun 2013 ini. Rock In Solo menggandeng nama Behemoth dan Hour of Penance sebagai headliner untuk memimpin para metalhead berpesta selama dua hari beruntun. Untuk tahun 2013 ini, Rock In Solo mengusung tema “New World Propaganda” Selain Behemoth dan Hour of Penance yang siap mengguncang kota Solo, band-band lokal kualitas mumpuni juga akan turut persembahkan aksi terbaik mereka disana. Navicula, Noxa, Down For Life, ((AUMAN)), Inlander, Deadly Weapon, dan masih banyak lagi band cadas yang siap menambah semarak Rock In Solo 2013.


      Namun di balik kesuksesan acara tersebut, panitia mengungkapkan kekecewaan dengan sikap Pemkot Solo yang tidak mendukung penuh. Adjie menilai RIS tahun ini merupakan RIS dengan formula paling pas meskipun panitia penyelenggara masih mengalami kerugian. Pelaksanaan acara sesuai dengan konsep yang direncanakan. Penonton pun tertib dan tidak ada kericuhan. “Tapi ruginya tidak sebesar tahun kemarin. Tempatnya representatif, kurangnya cuma tidak ada parkirannya,” ujar dia.
 
       Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi hadir di tengah-tengah penonton dalam Rock in Solo 2013 Mantan wali kota Solo itu sengaja datang untuk menyaksikan penampilan sejumlah band aliran metal yang tampil di RIS 2013. Mantan walikota Solo Joko Widodo sempat hadir tepat saat Down For Life tengah beraksi. Para metalhead sempat tersita sejenak perhatiannya kepada sosok yang kini menjabat gubernur Jakarta itu, sebelum kemudian kembali larut dalam gempuran Down For Life. Meski kehadiran Jokowi sempat membuat suasana menjadi heboh selama beberapa menit, namun sesungguhnya energi para metalhead yang seperti tak ada habisnyalah yang membuat hari pertama ROCK IN SOLO 2013 terasa sangat berkesan.