Acara yang berdasar penampilan musik Jazz itu diselenggarakan 27-28 September 2013 di Surakarta, Jawa Tengah. Tempat yang diambil adalah  benteng Vastenburg, yang terletak di tengah kota Solo.
Solo City Jazz kembali diselenggarakan untuk keempat kalinya di Surakarta. Dan yang berbeda pada tahun ini yaitu penonton dan semua musisi akan pakai kostum bermotif batik, karena Batik adalah Ikon dari Indonesia yang harus dilestarikan
Konsep dasar yang tetap dipertahankan pada SCJ ini adalah, jazz khas dan unik yang dapat selaras bersanding dengan eksotisme kota budaya, Solo. Sehingga sebagai sebuah “pesta musik”, SCJ tidak akan “berdiri” jauh dari tanah kota Solo. Dari apa yang menjadi kekhasan pada kehidupan sehari-hari kota Solo, adat-istiadat yang dijalani sejak dulu. menampilkan para bintang-bintang jazz terkemuka seperti Iga Mawarni, Bintang Indrianto TRIO bersama Denny Chasmala dan Mohamad Iqbal. Juga penyanyi muda, Matthew Sayersz,  Serta sebuah bigband, datang dari Jogjakarta, Kirana Big-band.

       Akan ikut memeriahkan SCJ 2013 adalah kelompok ibu-ibu seniman yg selain ibu rumah tangga juga ada yg berprofesi sebagai dosen, bakat guyonan dan olah vocal mereka disatukan untuk membentuk sebuah group yg funky & lucu, dengan nama  Sahita, beberapa acara televisi dan acara2 besar nasional sering mengundang mereka untuk tampil termasuk sebuah sendratari kolosal matah ati. Patut ditunggu penampilan pertama mereka dipanggung jazz. 
Diharapkan bahwa SCJ, yang tetap didukung  oleh kantor Kementrian Pemuda & Olahraga serta pemerintah kota Solo   akan tetap memberi hiburan bagi warga masyarakat Solo secara keseluruhan. Menyebarluaskan jazz warna-warni yang dapat menjadi semacam alternative musik hiburan bagi siapapun, bahkan bagi publik yang bukan penggemar jazz sekalipun.